Visi
Mewujudkan program studi yang menyiapkan guru
bahasa Inggris untuk sekolah menengah yang mampu mendidik lulusan yang memiliki
ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan melalui serangkaian pengajaran dan
pelatihan yang berdasarkan prinsip-prinsip akademis, humanis dan professional
Misi
a. Mengembangkan
dan memantapkan prodi menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan guru bahasa Inggris
yang berbasis prinsip-prinsip ilmiah terkini berdasar ketaqwaan, yang
menghargai kemanusiaan dan profesionalisme
b. Menyelenggarakan
pendidikan yang mampu menghasilkan manusia yang bertaqwa, kepada Tuhan Yang
Maha Esa, yang berkepribadian mandiri yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa
dan Negara melalui ilmu yang ditekuninya, peka terhadap kemajuan bangsanya dan
selalu siap untuk mengembangkan diri dan kepribadiannya untuk menjadi bagian
dari masyarakat terdidik yang berwawasan global
c. Mengembangkan
penelitian dan pengkajian tentang pembelajaran bahasa Inggris sebagai suatu
ilmu berdasarkan perkembangan terkini
Profil Lulusan
Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diarahkan untuk menjadi sarjana yang memiliki keahlian sebagai berikut.
1.
Pendidik (dalam) bahasa Inggris
Sebagai pendidik (dalam) bahasa Inggris, lulusan
program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang,
melaksanakan, dan melakukan penilaian kegiatan
pembelajaran bahasa Inggris (yang efektif, inovatif, kreatif, dan
menyenangkan) baik pada pendidikan formal maupun non-formal.
2.
Penulis buku ajar
Sebagai penulis buku ajar Bahasa Inggris, lulusan
prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang dan menulis buku
ajar Bahasa Inggris sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar,
etika penulisan karya ilmiah dan etika akademik, peka terhadap kebutuhan pasar,
dan mampu menjalin kerja sama dengan lembaga penerbitan untuk publikasi buku.
3.
Pengembang perangkat penilaian
Sebagai pengembang perangkat asesmen, lulusan Prodi
Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan untuk merancang,
mengembangkan, menganalisis, dan memanfaatkan serta melaporkan pemanfaatan
perangkat asesmen. Lulusan juga diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan dalam
bidang IPTEK untuk keperluan pengembangan perangkat asesmen.
4.
Pengembang program pembelajaran bahasa Inggris
Sebagai pengembang program pembelajaran bahasa
Inggris, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris menguasai prinsip-prinsip
tentang pengembangan program, memiliki kemampuan menerapkan prinsip-prinsip
dalam mengembangkan program, dan memiliki kemampuan mengelola (dan
mengembangkan) program pembelajaran bahasa Inggris.
5.
Pengembang program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak
Sebagai pengembang program pembelajaran bahasa
Inggris untuk anak-anak, lulusan program studi Pendidikan bahasa Inggris
diharapkan mampu menguasai prinsip-prinsip pengembangan program pembelajaran
bahasa Inggris untuk anak-anak, menerapkan prinsip-prinsip pengembangan
program, mengelola program, dan mampu melakukan evaluasi terhadap program
pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.
Sebagai penerjemah, lulusan Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan menerjemahkan beragam
teks tulis dan lisan (baik konsekutif maupun simultan) berbahasa Inggris
seperti teks akademik, dokumen resmi, dan pidato/ceramah ke dalam bahasa
Indonesia dan atau sebaliknya, dengan landasan pengetahuan tentang
prinsip-prinsip penerjemahan, kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip
tersebut dalam kegiatan penerjemahan, dan etika penerjemahan.
7.
Peneliti bahasa (Inggris)
Sebagai peneliti bahasa, lulusan Prodi Pendidikan
Bahasa Inggris diharapkan senantiasa mengikuti dan berperan aktif untuk
mengembangkan keilmuan dan praktik pembelajaran bahasa Inggris melalui
penelitian dalam bidang pengajaran bahasa Inggris yang ditandai dengan
kemampuan untuk: menemukan dan menganalisis topik permasalahan dalam
pembelajaran bahasa Inggris, menguasai prinsip-prinsip dan metode penelitian,
menerapkan prinsip dan metode tersebut dalam melakukan penelitian, serta
melaporkan hasil penelitiannya dengan senantiasa berupaya untuk memanfaatkan
teknologi informasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika penelitian dan
etika akademik.
8.
Penyedia layanan bahasa Inggris (dalam bidang
edupreneurship)/(untuk keperluan edupreneurship)
Sebagai penyedia layanan bahasa Inggris (dalam bidang
edupreneurship/untuk keperluan edupreneurship), lulusan program studi
Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan
mengevaluasi layanan bahasa Inggris dalam bidang edupreneurship atau untuk
keperluan edupreneurship dengan tetap menjaga nilai-nilai etika akademik.
No comments:
Post a Comment