Friday, January 24, 2020

VISI DAN MISI TADRIS BAHASA INGGRIS STAI AHSANTA JAMBI


Visi 

Mewujudkan program studi yang menyiapkan guru bahasa Inggris untuk sekolah menengah yang mampu mendidik lulusan yang memiliki ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan melalui serangkaian pengajaran dan pelatihan yang berdasarkan prinsip-prinsip akademis, humanis dan professional


Misi 

a. Mengembangkan dan memantapkan prodi menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan guru bahasa Inggris yang berbasis prinsip-prinsip ilmiah terkini berdasar ketaqwaan, yang menghargai kemanusiaan dan profesionalisme

b. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan manusia yang bertaqwa, kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang berkepribadian mandiri yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan Negara melalui ilmu yang ditekuninya, peka terhadap kemajuan bangsanya dan selalu siap untuk mengembangkan diri dan kepribadiannya untuk menjadi bagian dari masyarakat terdidik yang berwawasan global

c. Mengembangkan penelitian dan pengkajian tentang pembelajaran bahasa Inggris sebagai suatu ilmu berdasarkan perkembangan terkini



Profil Lulusan

Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diarahkan untuk menjadi sarjana yang memiliki keahlian sebagai berikut.

1.      Pendidik (dalam) bahasa Inggris

Sebagai pendidik (dalam) bahasa Inggris, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian kegiatan

pembelajaran bahasa Inggris (yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan) baik pada pendidikan formal maupun non-formal.


2.      Penulis buku ajar

Sebagai penulis buku ajar Bahasa Inggris, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang dan menulis buku ajar Bahasa Inggris sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, etika penulisan karya ilmiah dan etika akademik, peka terhadap kebutuhan pasar, dan mampu menjalin kerja sama dengan lembaga penerbitan untuk publikasi buku.


3.      Pengembang perangkat penilaian

Sebagai pengembang perangkat asesmen, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan untuk merancang, mengembangkan, menganalisis, dan memanfaatkan serta melaporkan pemanfaatan perangkat asesmen. Lulusan juga diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan dalam bidang IPTEK untuk keperluan pengembangan perangkat asesmen.


4.      Pengembang program pembelajaran bahasa Inggris

Sebagai pengembang program pembelajaran bahasa Inggris, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris menguasai prinsip-prinsip tentang pengembangan program, memiliki kemampuan menerapkan prinsip-prinsip dalam mengembangkan program, dan memiliki kemampuan mengelola (dan mengembangkan) program pembelajaran bahasa Inggris.


5.      Pengembang program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak

Sebagai pengembang program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak, lulusan program studi Pendidikan bahasa Inggris diharapkan mampu menguasai prinsip-prinsip pengembangan program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak, menerapkan prinsip-prinsip pengembangan program, mengelola program, dan mampu melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.



6.      Penerjemah

Sebagai penerjemah, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan (baik konsekutif maupun simultan) berbahasa Inggris seperti teks akademik, dokumen resmi, dan pidato/ceramah ke dalam bahasa Indonesia dan atau sebaliknya, dengan landasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penerjemahan, kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kegiatan penerjemahan, dan etika penerjemahan.


7.      Peneliti bahasa (Inggris)

Sebagai peneliti bahasa, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan senantiasa mengikuti dan berperan aktif untuk mengembangkan keilmuan dan praktik pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dalam bidang pengajaran bahasa Inggris yang ditandai dengan kemampuan untuk: menemukan dan menganalisis topik permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris, menguasai prinsip-prinsip dan metode penelitian, menerapkan prinsip dan metode tersebut dalam melakukan penelitian, serta melaporkan hasil penelitiannya dengan senantiasa berupaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika penelitian dan etika akademik.


8.      Penyedia layanan bahasa Inggris (dalam bidang edupreneurship)/(untuk keperluan edupreneurship) 
      Sebagai penyedia layanan bahasa Inggris (dalam bidang edupreneurship/untuk keperluan edupreneurship), lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi layanan bahasa Inggris dalam bidang edupreneurship atau untuk keperluan edupreneurship dengan tetap menjaga nilai-nilai etika akademik.















No comments:

Post a Comment